Akhir tahun sebentar lagi!!


Menghitung hari sebelum tahun berganti. 2022! Wow, 2021 is flying super fast. Kalau di tahun sebelumnya terasa sangat berat dan muram, tahun ini pun sebenarnya tidak kalah menyedihkannya atau bisa dibilang lebih sedih. Di tahun ini banyak banget yang kehilangan orang tercintanya, banyak yang masih luntang-lantung mencari posisi yang pas untuk dirinya, atau masih banyak juga yang sibuk kirim ratusan e-mail dengan harapan ada salah satu dari tim HRD mau melirik CV mereka. Tapi tahun ini mungkin sedikit lebih waras, karena orang-orang sudah mulai menjalani new normal dan juga sudah lebih kebal terhadap hal-hal yang mengejutkan yang terjadi akibat sudah terlatih di tahun 2020 yang sangat huru-hara itu. 

Ngomong-ngomong tentang akhir tahun, gimana nih reading goals kalian di tahun ini? Sudahkah terlampaui, atau jauh dari kata 100% finished? Gapapa, masih ada waktu 29 hari lagi buat sampai target kalian. Banyak perdebatan tentang reading challenge (Goodreads) tahunan ini. Ada yang berkata membaca itu untuk kesenangan diri sendiri, kenapa harus berlomba-lomba banyak-banyakan dan cepet-cepetan selesai. Banyak juga yang berpikiran sebaliknya. Kalau kalian sendiri bagaimana pendapatnya tentang reading challenge ini?

Kalau gue sendiri sih menggunakan reading challenge ini sebagai tolak ukur komitmen diri gue sendiri terhadap apa yang gue sudah tentukan. Di tahun ini gue menentukan untuk membuat target membaca 40 buku, sepuluh buku lebih sedikit dibanding tahun kemarin. Gue menentukan angka ini dengan memperkirakan bahwa diri gue akan mulai beraktivitas kembali di tahun 2021 ini. Ya benar saja, syukur  Alhamdulillah ada beberapa kegiatan yang gue sudah lakukan hampir setahun ini. Namun alhasil di penghujung tahun ini gue baru berhasil selesaikan 30 buku. Ada lima buku yang sedang dalam kategori current read gue yaitu: The Mountain is You: Transforming Self-Sabotage into Self-Mastery by Brianna West, Bad Feminist by Roxane Gay, Pride and Prejudice by Jane Austen, Life on Earth by David Attenborough, dan Home Body by Rupi Kaur. 

Menyelesaikan sepuluh buku terasa membebani kalau dijalani dengan pikiran ingin mengejar target. But do it for fun and enjoy the process instead. Gue bertekad setidaknya kalau pun sepuluh buku tidak terlampaui di akhir tahun ini, setidaknya gue berhasil menyelesaikan lima current read gue di atas. 

So, that's my goal for the end of this year. Let's catch up next year!

Comments